Cara Install Program Aplikasi di Linux Ubuntu

Menginstal aplikasi di Ubuntu memang susah-susah gampang tidak seperti di Windows yang cara instalnya hanya double click file *.exe. Cara instal aplikasi di Ubuntu ada yang harus terhubung dengan internet ada yang tidak harus terhubung dengan internet tapi harus download file installer dengan ekstensi *.deb. Tapi masalahnya adalah aplikasi yang installernya *.deb cenderung sedikit.

Berikut ini ada dua cara menginstal aplikasi di Ubuntu yang saya ketahui.

1. Jika Terhubung ke Internet (Online)
Cara ini digunakan jika Ubuntu kita terhubung dengan internet. Cara ini cenderung lebih mudah dan aplikasi yang tersedia lebih lengkap. sebelum menginstal, terlebih dahulu kita harus mengatur repositori kita ke repositori lokal Indonesia agar koneksinya lebih cepat. Ikuti langkah-langkah mengubah repositori berikut ini:

  1. Buka Ubuntu Software Center, Klik Menu Edit -> Software Sources...
  2. Pada bagian Download From: pilih Other lalu pilih salah satu server repositori dari Indonesia, misalnya kambing.ui.ac.id
  3. Setelah itu klik tombol Close
  4. Update repositori dengan cara buka terminal lalu ketik sudo apt-get update dan tekan Enter, masukkan password Ubuntu Anda lalu tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
Nah setelah di update kita tinggal pilih aplikasi yang akan kita Install, cara instalasi aplikasi di Ubuntu dengan cara online ini ada 2 cara yang saya ketahui yaitu dengan Terminal atau dengan Ubuntu Software Center, berikut ini caranya.

Menggunakan Terminal
Jika menggunakan cara ini berarti Anda harus tau nama aplikasi yang akan diinstal
  1. Buka terminal (Ctrl+Alt+T) lalu ketik sudo apt-get install namaAplikasinya
  2. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.
Menggunakan Ubuntu Software Center
Cara ini cenderung lebih mudah bila dibandingkan dengan cara Terminal karena kita dapat mencari dan memilih aplikasi secara langsung. berikut ini adalah caranya:
  1. Buka Ubuntu Software Center lalu pilih aplikasi yang akan diinstal, Anda dapat memilih aplikasi di menu kategori di bagian samping kiri
  2. Pilih aplikasi yang akan diinstal lalu klik tombol Install
  3. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut terinstal di komputer Anda.

2. Jika Tidak Terhubung ke Internet (Offline)
Dengan cara ini kita tidak perlu mengatur repositori karena cara instalasinya mudah, namun kesulitannya adalah sulitnya mencari installer program yang berekstensi *.deb. berikut ini caranya:
  1. Double klik file *.deb yang sudah kita cari dan didownload dari internet.
  2. Setelah itu, klik tombol Install, masukkan password jika dibutuhkan dan tunggu prosesnya hingga selesai.
Alamat website yang dapat djadikan tempat untuk mendownload file instalasi (*.deb) salah satunya adalah http://repo.ugm.ac.id/apt-web/. Nah, mudah kan caranya? cukup sekian tutorial yang sederhana ini, semoga bermanfaat.